Percepat Digitalisasi Keuangan, Anggota DPR RI Dorong UMKM Gunakan QRIS

Tangerang – Pandemi Covid-19 memaksa para pelaku UMKM untuk terus berjuang meski dengan keterbatasan. Upaya para pelaku UMKM didukung oleh Pemerintah Indonesia dengan mempercepat digitalisasi sistem keuangan.

Terlebih selama pandemi Covid-19, interaksi dan pergerakan masyarakat dibatasi termasuk dalam bekerja secara fisik.

Oleh karenanya, tidak ada pilihan lain bagi masyarakat kecuali beralih ke sistem pembayaran digital.  Memungkinkan mereka melakukan transaksi tanpa harus melakukan kegiatan pertemuan fisik, namun hanya lewat digitalisasi. Salah satunya lewat Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)

“Nah QRIS merupakan salah satu alat bayar digital yang sangat berkembang dan digagas oleh pemerintah untuk memudahkan para pelaku UMKM untuk lebih bertransaksi dan lebih mudah melakukan kegiatan ekonomi yang mereka ciptakan kegiatan ekonomi untuk bertahan, dalam pandemi yang sedang berlangsung saat ini,” ucap anggota Komisi XI DPR RI Marinus Gea dalam kegiatan Webinar QRIS Mempermudah Transaksi Digital Bagi Pelaku UMKM yang diselenggarakan oleh Serikat UMKM Nusantara bersama BI, Senin (9/8/2021).

Marinus menambahkan, oleh karena itu ia menilai Q-RIS sangat penting bagi pelaku ekonomi. “Apalagi dalam masa PPKM dilarang bertemu, termasuk soal jumlah pekerja yang harus dibatasi dalam beraktifitas, maka secara otomatis masyarakat yang membutuhkan sesuatu harus melalui pemesanan dan membayar membayar produk-produk tersebut itu juga secara digital.  Saya kira dengan adanya QRIS adalah salah satu cara mudah bagi para pelaku UMKM  untuk bertansaksi secara lebih baik,” ucapnya.

Disinggung animo pelaku UMKM yang memanfaatkan QRIS dalam bertransaksi, wakil rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan dapil Banten 3 (Tangerang Raya) ini menegaskan, secara perlahan, pelaku UMKM bertumbuh sebagai pengalihan dari industri besar, di mana industri besar cukup banyak yang berkurang dikarenakan tingkat produksi menurun akibat PPKM.

“Sehingga otomatis mereka menciptakan industrinya adalah industri rumah tangga.Industri di mana mereka bisa meningkatkan ekonomi dan di sini lah Q-RIS saya kira akan turut tumbuh,” tukasnya. (Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here