Disnaker Kota Tangerang Kembali Buka Job Fair Virtual, Ada 1.237 Loker

Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) gencar menekan angka pengangguran dengan menggelar job fair virtual.

Job fair virtual yang diselenggarakan setiap bulan tersebut akan digelar pada Kamis 28 Oktober 2021. Warga yang belum bekerja diharapkan memanfaatkan program ini.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Habibullah menjelaskan, ada 1.237 lowongan kerja (loker) dari 20 perusahaan yang tersedia pada bursa kerja daring besok.

“Formasi jabatannya ada 84 dengan kualifikasi S1 berjumlah 47, D3 berjumlah 131, dan SMA sebanyak 1.059,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Disnaker Kota Tangerang, Rabu (27/10).

Menurutnya, bursa kerja ini digelar secara virtual dengan seremoni melalui akun YouTube Pemerintah Kota Tangerang, dan melamar melalui aplikasi Tangerang Live.

“Saya tentunya berharap program job fair ini bisa dimanfaatkan warga yang belum bekerja,” katanya.

Habibullah menyebut, program job fair ini digelar setiap bulan sebagai upaya menekan angka pengangguran di Kota Tangerang.

“Job fair langkah kami dalam mengurangi pengangguran. Seperti diketahui jumlah pengangguran tahun 2019 ada 79.041 orang, meningkat pada tahun 2020 yang berjumlah 97.344 orang,” ungkapnya.

Selain bursa kerja, upaya menekan angka pengangguran tersebut dengan menggencarkan pelatihan-pelatihan kerja.

Adapun pelatihan kerja diselenggarakan UPT Balai Latihan Kerja dengan fokus pelatihan berbasis kompetensi menjahit, komputer, pendingin AC, desain grafis, digital printing, perbengkelan, montir motor dan tata boga.

Lalu, diselenggarakan bidang penempatan kerja dan perluasan kerja dengan berbasis enterpreneur seperti pelatihan barista kopi, tata boga, digital marketing, dan sablon.

“Pelatihan berbasis kompetensi sudah banyak diterima. Dengan demikian pengangguran diharapkan bisa berkurang,” pungkasnya. (Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here