36 Tahun Mengabdi Jadi Guru, Endah Susanti Jadikan Sekolah Rumah Kedua

Tangerang – Kepala SMPN 4 Tangerang Hj Endah Susanti mengungkap tantangan-tantangan dalam memimpin sekolah yang menjadi favorit di Kota Tangerang ini.

Menurut dia, tantangan utama dalam memimpin sekolah yang terletak di Jalan M Yamin, Kota Tangerang ini adalah membuat para guru, staf, dan siswa disiplin.

“Tantangannya bagaimana membuat semuanya menjadi disiplin, seperti tidak korupsi waktu dan membuat guru atau siswa melaksanakan tugasnya,” ujarnya saat ditemui di SMPN 4 Tangerang, Kamis (18/11).

Dalam menjawab tantangan tersebut, kata wanita yang memulai karir sebagai ASN sejak 1985 atau 36 tahun lalu, dengan cara membuat seluruh anggota sekolah merasa nyaman.

“Saya juga tidak menganggap merasa sebagai kepsek, jadi kedekatan di antara saya dengan guru dan murid bisa terbangun, sehingga di situ ada kenyamanan,” kata dia.

Wanita lulusan pascasarjana jurusan pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ini menyebut, sekolah harus dianggap sebagai rumah.

“Lalu, pada dasarnya juga mimpin sekolah harus merasa sekolah rumah kita. Dan guru-guru itu teman dan saudara, tidak ada senioritas. Kemudian kita harus bisa memiliki suatu gebrakan, inovasi, di mana kita harus memahami kebutuhan anak agar anak di sekolah itu aman,” jelasnya.

Hj Endah menambahkan, pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan belajar dan mengajar harus dibuat enjoy.

“Siswa juga harus dibawa happy supaya belajar tidak terlalu ditekankan belajar 100 persen. Jadi, anak jangan diberikan yang sulit-sulitlah. Sehingga suasana pandemi anak dibawa enjoy, tetapi tetap punya semangat, punya inovasi. Oleh karena itu saya mengajak guru-guru agar jangan terlalu ditekankan banyak tugas,” pungkasnya. (Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here