Sambangi Kader Sidoarjo Puan: di PDI Perjuangan, tidak Ada Bersinar Sendiri

Sidoarjo, Suaranusantara.com – Ketua DPR RI Puan Maharani menyambangi kantor DPC PDI Perjuangan (PDIP) Sidoarjo di sela kunjungan kerjanya. Dalam pertemuan dengan kader dia mengingatkan mesin partai sudah panas, mengingat tahapan Pemilu 2024 sudah dekat.

“Saya minta segenap struktur DPC PDI Perjuangan Sidoarjo hafal jadwal-jadwal Tahapan Pemilu 2024 di luar kepala,” kata Puan, Rabu (15/6/2022).

Puan menjelaskan, tahapan pertama Pemilu 2024 yaitu pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu akan dimulai pada 29 Juli-13 Desember mendatang. Ia meminta seluruh mesin partai sudah mulai bergerak sejak sekarang.

“Sudah tidak bisa tidak, mesin partai dari sekarang sudah harus panas, tidak boleh sekadar hangat-hangat lagi, sudah harus bergerak kencang,” tuturnya.

Sebagai partai pemenang pemilu, Puan menyebut, PDIP harus bisa menabuh genderang sendiri. Ia menegaskan, PDIP harus bisa mengatur ritme sendiri tanpa terpengaruh pihak lain.

“Justru yang lain yang harus mengikuti ritme kita,” ujar Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini juga mengingatkan, mesin partai harus bergerak secara bersama-sama. Sebab, kata Puan, peserta pemilu adalah partai politik.

“Bukan pribadi-pribadi sendiri. Apalagi di PDI Perjuangan, tidak ada istilahnya bintang bersinar sendiri. Yang ada adalah Pancasila sebagai bintang penuntun kita, dan inti Pancasila adalah gotong royong,” sebutnya.

“Dalam gotong royong tidak ada yang namanya kerja sendiri, dalam gotong royong tidak ada yang namanya maju sendiri. Dalam gotong royong itu yang namanya maju ya sama-sama, satu dua maju maka yang lainnya ikut dimajukan,” lanjut Puan.

Mantan Menko PMK ini pun memberi contoh, jika sudah ada penetapan nomor urut calon anggota legislatif (caleg) nanti, tidak bisa caleg bergerak sendiri-sendiri dan melupakan partai. Puan mengatakan, caleg PDIP tidak boleh sampai mengkhianati teman-teman partainya.

“Kita semua kalau mau membawa PDI Perjuangan menang hattrick maka harus gotong royong, gotong royong, dan gotong royong,” ucapnya.

Puan juga mengingatkan kader-kader PDIP yang bertugas di eksekutif, legislatif, dan pengurus partai. Menurutnya, tiga pilar partai tersebut harus seirama dalam bergerak.

“Satu pemahaman, satu tujuan,” tegas Puan.(Edw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here