Suasana Kekeluargaan Sangat Dirasakan di Rakernas PDI Perjuangan 2021

Jakarta, Suaranusantara.com – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Tahun 2021 oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri berlangsung cair dan guyub. Lalu suasana kekeluargaan juga sangat kental, seperti bagaimana Presiden Joko Widodo santai dan informal berbicara di ruang kerja Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Puan menyampaikan Rakernas ini merupakan rapat PDI Perjuangan pertama yang dihadiri Ketum Megawati di masa pandemi Covid-19.

“Jadi, memang suasana itu sangat kekeluargaan dan tadi sebelum acara dimulai sempat bicara santai dan informal di ruang Ibu Ketum yang memang tidak di-setting,” kata Puan Maharani menjawab wartawan di Sekolah Partai, Selasa (21/6/2022).

“Seharusnya kita semua datang, kalau memang tepat waktu datang ke ruang acara. Namun karena masih ada waktu, jadi masuk ke ruang ketua umum. Dan memang ibu ketum baru hari ini juga pertama kali masuk ke ruangannya. Jadi suasananya sangat cairlah, jadi seperti kekeluargaan sedang silaturahmi,” tambah Puan.

Yang dimaksud Puan adalah saat Presiden Jokowi hadir di lokasi rakernas jelang pembukaan. Sebelum memasuki ruang rakernas, Jokowi menemui Megawati yang sudah tiba lebih dahulu dan berada di ruang kerjanya. Puan ikut hadir di sana, bersama Prananda Prabowo. Ada juga Seskab Pramono Anung dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Menurut Puan, pihaknya bersyukur rakernas berjalan dengan baik. Di ajang itu, Ketum Megawati menginstruksikan kepada jajarannya untuk solid menghadapi Pemilu 2024.

“Jadi, alhamdulillah sudah dibuka oleh Presiden Jokowi dan tentu saja tadi dalam arahan ketua umum menyampaikan partai harus solid,” kata Puan.

Puan menambahkan pihaknya juga fokus memenangkan pemilu ke depan dengan agenda pertama menyelesaikan tahapan awal pada 14 Juni yang sudah ditetapkan KPU. Kemudian, PDIP nanti akan mengikuti tahapan verifikasi dan seterusnya.

“Ketiga tentu saja bagaimana kami harus disiplin dalam menjalankan aturan partai untuk bisa mengikuti semua tahapan pada 14 Februari 2024,” kata Puan.

Di sisi lain, kata dia, jajaran pengurus partai juga mendengarkan pandangan dan rencana kegiatan Dewan Perwakilan Luar Negeri PDIP. Ketua DPP Luar Negeri PDIP Ahmad Basarah dalam waktu dekat akan berkunjung ke Prancis dalam rangka memamerkan foto Bung Karno.

Kegiatan itu merupakan kerja sama dengan Wali Kota Paris.

Tak hanya itu, Puan juga menegaskan pengurus partai semakin gencar melakukan kegiatan.

“Tentu saja bagaimana kami jalin komunikasi kerja sama dengan partai politik yang lain, bagaimana kami bisa menjalankan tahapan pemilu dan memenangkan pemilu ke depannya,” jelas Puan. (RND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here