Ketua MPR Bamsoet Minta Kemenkes Buat Regulasi Ganja Medis

Jakarta, Suaranusantara.com Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Kesehatan melakuan kajian serius manfaat ganja untuk kepentingan medis. Hasil kajian harus diimbangi dengan regulasi dan pengawasan yang ketat.

“Meminta pemerintah, dalam hal ini Kemenkes, tidak hanya siap dalam menerbitkan regulasi, namun juga siap dari sisi pengawasan yang ketat terhadap penggunaan ganja untuk kebutuhan medis, agar dapat mencegah penyalahgunaan ganja untuk kepentingan pribadi, dikarenakan jumlah ganja nantinya yang akan bertambah,” ujar pria yang akrab disapa sebutan Bamsoet dalam keterangan tertulis Jumat (1/7/2022).

Bamsoet menerangkan Kemenkes harus buka ruang komunikasi dengan pakar di dunia medis. Tujuannya untuk mengetahui manfaat dari tanaman ganja lebih luas.

“Guna mengetahui urgensi opsi penggunaan ganja untuk penyembuhan atau pengobatan medis, sehingga benar-benar dapat dinyatakan aman untuk kepentingan medis,” paparnya.

Bamsoet mengatakan sebelum buat regulasi tentang ganja medis, Kemenkes harus melakukan kajian penting secara mendalam dan komprehensif. Tidak hanya soal medis tetapi juga dampak sosial dan ekonomi.

“Melakukan riset komprehensif terkait rencana penggunaan tanaman ganja untuk kebutuhan medis, mulai dari dari sisi kesehatan, sosial, ekonomi, regulasi, dan dampak yang ditimbulkan,” ungkapnya. (edw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here