Menperin Buka Pameran Busana dan Asesoris Nusantara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Pembukaan Pameran Pesona Busana dan Aksesoris Nusantara 2018 (Foto: Istimewa)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Pembukaan Pameran Pesona Busana dan Aksesoris Nusantara 2018 (Foto: Istimewa)

Jakarta-SuaraNusantara

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto membuka Pameran Pesona Busana dan Aksesoris Nusantara 2018 di di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (13/03/2018).

Pameran yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekramas) pada 13-16 Maret 2018 ini diikuti oleh 50 perusahaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) dari berbagai daerah. Berbagai produk dipamerkan dalam acara itu mulai dari aneka batik nusantara, tenun, songket, kebaya dan aksesori lainnya.

“Saya turut berbahagia atas terselenggaranya acara ini sebagai rangkaian HUT Dekranas ke-38. Semoga Dekranas terus berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan industri kerajinan di Tanah Air,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat membuka acara tersebut, sebagaimana disebut dalam rilis yang diterima SuaraNusantara, Selasa (13/03/2018).

Menurutnya, pemasaran secara offline seperti pameran yang sedang berlangsung, tidak bisa dianggap remeh karena pembeli dapat melihat secara langsung jenis dan kualitas produk. Selain itu, pembeli dapat bertemu langsung dengan pelaku IKM sehingga proses negosiasi lebih mudah dilakukan.

Airlangga menjelaskan, sektor kerajinan menunjukkan kinerja yang positif, di mana nilai ekspor pada tahun 2017 mencapai US$ 776 juta atau naik sebesar 3,8 persen dibanding tahun 2016 yang mencapai US$ 747 juta. Selain itu, nilai ekspor Batik mampu menyumbang US$ 58 juta pada 2017.

Untuk mendorong kinerja positif tadi, Kemenperin telah meluncurkan program Smart IKM yang dapat menjangkau pasar lebih luas dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Sebanyak 1.730 pelaku IKM telah mengikuti workshop e-Smart IKM. Sampai tahun 2019, ditargetkan dapat mengajak hingga 10 ribu pelaku IKM untuk mengikuti lokakarya tersebut,” kata Airlangga.

Pembukaan pameran dimeriahkan dengan peragaan busana batik Tuban yang diikuti enam perancang busana kenamaan, antara lain Indira Hadi dan Ine Rahma. (eka)