Audiensi Deadlock, Kadisnaker Kota Tangerang Bakal Ngadu ke Walikota

Kota Tangerang – Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, M. Rakhmansyah menerima perwakilan aliansi buruh yang melakukan aksi demonstrasi di Puspemkot Tangerang, Kamis (8/11/2018).

Dalam audiensi yang cukup alot bahkan deadlock tersebut, ia mengaku akan melaporkan tuntutan buruh kepada Walikota Tangerang sehingga dapat dijadikan pertimbangan.

“Pada intinya, dari serikat pekerja mengusulkan kenaikan 25,77 persen. Kita ada namanya dewan pengupahan kota, kumpulan dari serikat pekerja, perusahaan, akademisi, dan pemerintah. Untuk nilai itu pasti ada berbeda pendapat,” kata Rakhmansyah.

Rakhmansyah mengatakan pihaknya juga akan mempertimbangkan kelangsungan hidup para pengusaha yang perusahaannya berdiri di Kota Tangerang.

“Jadi ada nilai yang harus tarik ulur. Ada surat Kementerian juga terkait nilai inflasi dan PDB. Ada juga surat edaran gubernur yang mengacu PP 78,” jelasnya.

Ia menilai, tidak dapat mengambil keputusan yang hanya berpihak kepada satu golongan, sehingga tidak ada yang dirugikan dalam hal tersebut.

“Kalau nilai tinggi Apindo juga ngeluh. Mereka kan menjaga kelangsungan perusahaan. Jadi pekerja juga seimbang. Kesejahteraan juga diperlukan, karena itu ada upah minimum untuk standarnya,” pungkasnya. (ahmad/nji)