Bakal Terima Dana 1 Juta Dollar, PMI Diminta Terapkan Laporan Online

Kota Tangerang – Meskipun masih manual dan tidak menggunakan aplikasi berbasis online, American Red Cross (ARC) mengapresiasi laporan data dan pertanggung jawaban Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Jumat (10/8/2018).

Hal itu diutarakan oleh Merry Turupin, Program Coordunator Amerincan Red Cross dalam kunjungannya ke Markas PMI Kota Tangerang bersama PMI Pusat dan PMI Provinsi Banten.

“Setelah diimplementasikan, pada umumnya proses perencanaan dan pelaporan rencana kerja yang dibuat PMI Kota Tangerang jauh lebih mudah, jauh lebih sederhana dan lebih sistematis,” ujarnya kepada awak media, Sabtu (11/8/2018).

Merry mengatakan, laporan pertanggungjawaban yang diberikan PMI Kota Tangerang sudah rapih, singkat dan dapat dengan mudah dimengerti.

Namun, dirinya tetap menginginkan laporan pertanggungjawaban tersebut dibuat secara online.

“Saya menemukan program laporan tersebut ada di Kota Cilegon. Di kota tersebut, pengelolaan sistem pelaporan telah menggunakan website dan berbasis online, sedangkan kota dan kabupaten lainnya masih menggunakan sistem manual,” terangnya.

Merry mengaku siap mendukung PMI jika ingin melakukan replikasi ditingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Akan tetapi dirinya meminta replikasi program tersebut, tidak boleh melewati bulan Desember 2018.

“Saya sudah komitmen dengan PMI agar di bulan Oktober dapat direplikasi bagi daerah yang mau. Saya angkat jempol bagi Kota Cilegon,” bebernya.

Merry menjelaskan, alasan replikasi dilakukan sebelum Desember 2018, disebabkan karena berakhirnya dukungan dana yang akan diberikan untuk pelaksanaan program tersebut.

“Kami memberikan dana sebesar satu juta dolar per lima tahun sekali. Pengerjaan siatem tersebut sudah berlangsung sejak 2012 sudah dilakukan pelatihannya di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia optimis jika PMI Kota Tangerang dapat membuat aplikasi secara mandiri. “PMI dapat bikin sendiri dan tidak perlu mendapat bantuan dari pemda,” pungkasnya. (ahmad/nji).