Cegah Penyalahgunaan Anggaran, Pengelola PAUD Dilatih Buat Laporan

Kota Tangerang – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang menggelar sosialisasi sekaligus pembinaan kepada seluruh kepala atau pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) formal maupun nonformal di gedung PGRI Kota Tangerang, Rabu (11/7/2018).

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal pada Dindik Kota Tangerang, M. Adli menjelaskan, tujuan kegiatan ini antara lain untuk membuat laporan penyelenggaraan dana APBN dari pemerintah pusat.

“Kegiatan ini dalam rangka memberikan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan bagi pengelola PAUD se-Kota Tangerang yang menerima bantuan BOP DAK non fisik 2018. Mereka perlu memahami tentang penggunaaan anggaran APBN yang diberikan pemerintah pusat melalui Kemendikbud,” ujar Adli.

Total dari 100 persen penggunaan dana, lanjut Adli, 50 persen digunakan untuk kegiatan pembelajaran, 35 persen untuk kegiatan pendukung dan 15 persen kegiatan lainnya.

“Persoalannya, mereka belum mengerti betul bagaimana tata cara penyampaian laporan penyelenggaraan bantuan. Maka hari ini kita adakan kegiatan ini,” imbuhnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang digelar Dindik Kota Tangerang. Sebelumnya, pada 2017 lalu Dindik pernah menyelenggarakan kegiatan yg sama.

“Tahun lalu dihadiri 606 lembaga sekaligus dan kita menghadirkan Kasubdit Program dan Evaluasi Kemendikbud. Hari ini pun demikian, cuma lebih rinci,” papar Adli.

Setelah mendapat pembinaan dan pengetahuah, para peserta diharapkan dapat membuat laporan sesuai aturan Kemendikbud.

“Patokan kita Permendikbud no 2 tahun 2018 tentang petunjuk teknis pelaksanaan bantuan dan tata cara pembuatan laporan pertanggungjawaban BOP DAK non fisik 2018,” paparnya

Kegiatan pelatihan ini diikuti sekitar 620 peserta yang terbagi dalam dua gelombang.

“Mulai jam 8 pagi hingga siang itu PAUD formal dan setelahnya PAUD nonformal. Jumlahnya 340 untuk gelombang pertama dan 280 untuk gelombang kedua,” tandasnya. (akim/nji)