Disdukcapil Ajak Warga Tak Gunakan Lensa Kontak

Kota Tangerang – Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, Sri Warsini mengatakan, kendala yang kerap ditemui untuk pembuatan E-KTP biasanya adalah saat perekaman.

Ia menjelaskan warga lupa melepas Lensa Kontak sehingga data yang terekam tidak akan sempurna dan valid.

“Jadi saat merekam dia pakai kontak lens, sehingga yang akan terekam iris matanya orang yang menggunakan kontak lens seluruh indonesia karna sama, dan itu harus terlebih dahulu dihapus datanya ke kementerian,” ujarnya, Kamis (9/8/2018).

Selain itu, penulisan nama yang salah juga menjadi kendala lambannya pembuatan e-KTP. Pasalnya, banyak masyarakat yang menuliskan namanya tidak sesuai dengan Akta Kelahiran.

“Contohnya awalnya warga menuliskan dengan nama Ahmad, tapi setelah didata ulang nama ahmad tersebut menggunakan huruf C,dan itu harus kita buktikan dengan akta lahir dan akan kita bantu KTP nya hingga tercetak,” ujarnya.

Selain E-KTP pada kegiatan sosialisasi tersebut, ia juga memaparkan perubahan bentuk dan warna pada kartu keluarga yang dalam waktu dekat akan ada beberapa penambahan dan penyempurnaan.

“Itu ada permendagri yang baru yang menyatakan ada perubahan isi pada kartu keluarga dan itu ada penambahan status pernikahan dan golongan darah,” ujarnya.

Menurut dia golongan darah itu sangat dibutuhkan lantaran warga terkadang mengabaikan hal itu sehingga saat dibutuhkan dalam keadaan darurat seperti saat terkena musibah yang membutuhkan darah warga tidak dapat sesegera mungkin mencari golongan darah yang sama dengannya.

“Kita mengharapkan warga dapat menuliskan golongan darahnya untuk pendataan yang sempurna,” tandasnya. (akim/nji)