DPR Apresiasi Sarbumusi NU Terhadap Pemulangan Jenazah BMI Jember

Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Syaiful Bahri Anshori, mengapresiasi  sikap dan gerak cepat Federasi Buruh Migran Indonesia Sarbumusi NU yang berhasil melakukan Lobby dan membantu menangani Jenazah.

Jenazah tersebut merupakan Buruh Migran Indonesia (BMI) asal Jember Provinsi Jawa Timur Yaitu Amintyas Wahyudi yang meninggal akibat sakit dan harus tertahan hampir 2 minggu di sebuah Rumah Sakit Malaysia karena tertahan alasan pembiayaan. 

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada mereka, khususnya Sekjen Sarbumusi NU yaitu Muhammad Rosul yang telah bekerja keras untuk melakukan Lobby ke berbagai pihak terkait dan membuat sebuah donasi untuk membantu proses pemulangan Jenazah” Kata Syaiful Bahri Anshori saat di hubungi, Senin, (12/6/2018).

Menurut Politisi asal Dapil Jember itu, upaya yang dilakukan sahabat Muhammad Rosul patut diacungkan jempol. Dirinya juga  mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Tenaga Kerja dan Pemerintah Daerah (Pemda) Jember yang ikut serta dan telah banyak membantu pemulangan jenazah tersebut.

“Insya Allah Selasa Jenazah akan tiba di Indonesia dan akan diterima oleh pihak keluarga. Serta segera di semayamkan di Desa Klompangan Kecamatan Ajung Jember Jawa Timur ” jelasnya.

Politisi Asal PKB itu berharap kedepan, proses pengiriman Buruh Migran Indonesia dapat lebih baik. Sehingga peristiwa seperti almarhum pak Amin tidak terulang kembali. 

“Perlu kerja sama antar Instansi yang baik antara Kementrian Tenaga Kerja, Kemenlu, BNP2TKI dan stakholder lainnya, agar peristiwa seperti ini gak terulang lagi,” terangnya.

“Masak untuk mengeluakan janazah dari rumah sakit aja gak bisa, dengan alasan biaya, kasihan almarhum. Sudah 15 hari kurang lebih baru bisa dibawa pulang ke Indonesia, mudah-mudahan ini semua menjadi pelajaran bagi semua pihak” tutupnya. (rokhim/nji)