DPR RI Kunjungi Parlemen Bahrain Bahas Peluang Kerjasama

Bahrain –  Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengunjungi Parlemen Bahrain dan Majelis Syuro Bahrain guna membalas kunjungan Pimpinan Parlemen Bahrain berkunjung ke Indonesia pada Maret 2017 lalu.

Dimana, Dalam kunjungan ke Indonesia Ketua Parlemen Bahrain Ahmed Bin Ibrahim Rashed Almulla dan Ketua DPR RI Setya Novanto menandatangani kesepakatan bersama dalam melakukan kerjasama di berbagai bidang terutama dalam bidang politik, ekonomi, perdagangan, kebudayaan dan pariwisata.

“Saat mereka berkunjung Ke Indonesia, Parlemen Indonesia juga berjanji untuk melakukan kunjungan balasan secepatnya pada pertemuan setahun lalu. Namun, mengingat turbulensi politik terutama di DPR RI, akhirnya membuat penundaan melakukan kunjungan balasan dan belum ada Pimpinan DPR RI yang mantap untuk berkunjung. Pada bulan April inilah kesempatan itu datang, dan saya mewakili Pimpinan DPR RI berkunjung ke Bahrain sebelum masa tugas DPR RI 2014-2019 berakhir” Kata Fahri Hamzah di Gedung Parlemen Bahrain ( 10/04/2018).

Politisi asal PKS itu mengatakan bahwa Dalam pertemuan setahun lalu, Bahrain  telah secara resmi memberi dukungan kepada Indonesia untuk menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 2019 – 2020. Dukungan Bahrain kepada Indonesia adalah bagian dari kesepakatan kedua negara untuk bekerjasama dalam menjaga perdamaian, terutama di kawasan Teluk.

Bagi Indonesia, Bahrain memang merupakan negara sahabat di kawasan ini. Hubungan kedua negara sudah terjalin erat sekitar 40 tahun lebih, sejak dibukanya hubungan diplomatik Indonesia-Bahrain pada 1976.

“Dalam pertemuan dengan Wakil Ketua Parlemen Bahrain tadi saya bersama rombongan menguatkan kembali pembicaraan berbagai peluang kerjasama antar kedua belah negara. Terutama dalam industri dan perdagangan, dimana Bahrain tertarik dalam industri pengolahan mineral sebagai bagian dari diversifikasi ekonomi selain sumber utama selama ini yang mengandalkan migas” tegasnya.

Fahri Hamzah menambahkan bahwa kedepannya Indonesia dan Bahrain juga akan berencana bekerjasama dalam bidang Pariwisata dan kebudayaan.

” Bahrain merupakan salah satu wisatawan mancanegara yang kerap datang mengunjungi Destinasi Pariwisata Indonesia yang salah satunya Bali yang merupakan tepat Favorit mereka, untuk itu kita berharap kedepannya kita tidak hanya saja mengenalkan mereka Bali namun Destinasi lain di Indonesia” tutupnya.

Seperti diketahui dalam Kunjungan Muhibah Ke Bahrain saat ini Wakil Ketua Fahri Hamzah di Dampingi oleh Anggota DPR RI Pius Lustrilanang (F-Gerindra), Handayani Soehelly Qari (F-PKB), Hang Ali Saputra Syah Pahan (F-PAN), dan Ferdiansyah Nuzirwan Burhanuddin (F-Golkar), Badan Keahlian DPR dan Tenaga Ahli DPR RI serta Staf Sekertariat Jendral DPR RI. (Rokhim/Nji)