Gebrak Pak Kumis Plus Akan Jadi Program Unggulan Zaki-Romli

Kabupaten Tangerang – Pasangan Calon Tunggal Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar – Mad Romli akan mengembangkan kembali program Gerakan bersama rakyat berantas pemukiman kumuh dan miskin (Gebrak Pak Kumis) menjadi Gebrak Pak Kumis Plus.

Dari 15 program unggulan yang dicanangkan oleh Zaki-Ombi, Gebrak Pak Kumis Plus ini merupakan kombinasi dengan program unggulan Pemkab Tangerang terdahulu yaitu, Gerakan Berantas Kemiskinan Melalui Simpang Pinjam Tanpa Anggunan dan Resiko (Gebrak Sipintar).

Menurut Zaki, Tangerang merupakan daerah urban yang membutuhkan pembangunan secara berkesinambungan. Terlebih lagi, kuantitas pertumbuhan masyarakat di Kabupaten Tangerang terus meningkat hingga 3 sampai 4 persen setiap tahunnya.

“Dengan pertumbuhan yang sangat signifikan di Kabupaten Tangerang, kemungkinan akan bertambah lagi angka pengangguran dan kemiskinan, dan yang pastinya pemukiman dari tempat tinggal warga pun menjadi tidak tertata layak. Tadinya rumah yang ditempati untuk ukuran 5 orang pastinya jadi bertambah penghuninya,” ujar Zaki, Jumat (11/5/2018).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Zaki dan Ombi menghadirkan program Gebrak Pak Kumis Plus ini untuk masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Gebrak Pak Kumis Plus ini hadir sebagai program kami yang paling dasar, karena Gebrak Pak Kumis Plus ini sebagai penompang dari ke-14 program unggulan kami,” ucapnya.

Ia menyebut pihaknya harus terus mengoptimalkan pembenahan pada pumikiman yang layak untuk seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang. 

“Jika pemukimannya sudah layak, pastinya masyarakat pun akan nyaman dan yang lebih terpenting lagi masyarakat pun akan sehat atau jauh dari penyakit jika tinggal di pemukiman yang layak atau bersih,” kata Zaki.

Tak hanya itu, bantuan pinjaman modal tanpa anggunan dan resiko diberikan kepada setiap kepala keluarga melalui bantuan modal usaha micro lewat koperasi.

“Setelah rumah dan pemukiman atau lingkungannya kami rehab atau benahi, sudah itu para warga pun kami beri bantuan pinjaman modal untuk berdagang atau usaha melalui koprasi,” ungkapnya.

Ia menerangkan sebanyak 15 program yang telah susah dicanangkan untuk periode 2018-2023 mendatang, hanya lah semata – mata untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

“Karena kami berdua nantinya dipilih oleh rakyat, dan nanti pula kami harus mengabdi untuk rakyat,” papar Zaki. (Akim/Nji)