Gempa Ringan 4,0 SR Terjadi di Pulau Nias

Gunungsitoli – SuaraNusantara

Gempa bumi berkekuatan 4,0 Skala Ritcher (SR) kembali mengguncang wilayah Kepulauan Nias, Jumat (12/1/2018) pukul 14.30 WIB. Lokasi episenter gempa berada pada koordinat 0,48 LU dan 98,12 BT, atau 41 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Nias Selatan, pada kedalaman 20 kilometer di laut. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gunungsitoli, Djati Cipto Kuncoro SSi, kepada SuaraNusantara via selulernya mengatakan hal tersebut.

“Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan sementara dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Nias dengan intensitas gempa bumi I SIG-BMKG (II MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal, yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Eurasia dan Indo-Australia.

Ia mengimbau kepada masyarakat di wilayah Kepulauan Nias untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab, serta mengikuti arahan pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan perkembangan gempa bumi susulan dari BMKG.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya diiimbau agar tidak terpancing isu, mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya.

Kontributor: Dohu Lase