Himpaudi Adakan Pelatihan Parenting Kepada Bunda PAUD

Kota Tangerang – Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) menggelar pelatihan parenting,  di ruang Akhlakul Karimah, Jumat (10/8/2018).

Bunda PAUD Kota Tangerang Aini Suci R Wismansyah menghimbau agar orangtua khususnya ibu, untuk menjadi ibu idaman.

Tujuannya agar bisa lebih peka lagi terhadap perubahan sekecil apapun pada diri anak.

Dengan cara seperti itu, maka anak merasa mendapatkan perhatian yang lebih dari orangtua.

“Masalah anak banyak, salah satunya faktor lingkungan juga. Jadi orangtua harus banyak belajar juga untuk memahami karakter anak,” himbau Aini.

Lebih lanjut Aini mengatakan Bunda PAUD harus turun untuk memberikan pemahaman kepada orang tua yang anaknya bersekolah PAUD agar proses pendidikan di PAUD dan di rumah bisa sejalan. 

“Untuk Bunda PAUD harus bisa turun untuk memberikan pemahaman kepada orang tua yang anaknya di PAUD agar pendidikan di PAUD dan di rumah bisa sejalan,” kata Aini. 

Ada 3 tipe kepribadian pada setiap orang yang harus diperhatikan khususnya untuk mendidik anak dengan baik dan benar, yakni  visual, auditori, dan kinetesis. 

“Kita harus memahami dulu karakter anak, dan untuk mendidik anak harus di sesuaikan dengan karakter masing-masing anak dan tidak bisa berseberangan cara mendidiknya misalnya anaknya karakternya visual terus orangtuanya auditori ya nggak bisa nyambung dalam mendidiknya,” terang Aini. 

Sementara itu, Ketua Himpaudi Kota Tangerang Sofyan menjelaskan bahwa kegiatan parenting dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan pada guru-guru agar dapat memberikan motivasi kepada orang tua atau wali murid tentang konsep pendidikan anak itu sendiri. 

“Kami utus Bunda PAUD di 13 Kecamatan untuk mengikuti kegiatan ini agar nanti memberikan motivasi kepada para orangtua atau wali murid di masing-masing Kecamatan tentang konsep pendidikan anak,” tambahnya.

Sebagai informasi bahwa sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Dr.  Ir.  Haikal Hassan dan di ikuti oleh 50 peserta dari Bunda PAUD Kecamatan se-Kota Tangerang. (akim/nji)