Hindari Permainan Harga Tiket Pesawat, Kemenhub Pasang Tarif Bawah dan Atas

Kota Tangerang – PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta memasang pemberitahuan tarif atas dan tarif bawah maskapai penerbangan di Pintu check in seluruh terminal di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (13/6/2018).

Hal tersebut sesuai dengan instruksi Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso.

“Kita sudah instruksikan pada seluruh bandar udara untuk memasang bandwith tarif batas bawah sampai batas atas,” imbuhnya.

“Ada beberapa yang memasangnya dalam panel TV, namun untuk di Papua sudah kita intruksikan untuk memasang standing banner disana terpampang antara harga batas bawah sampai batas atas layaknya di terminal bus,” ujar Agus, di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (13/6/2018).

Agus mengatakan, pemasangan pemberitahuan tersebut untuk memudahkan masyarakat agar mengetahui tarif normal sehingga tidak ada permainan dari pihak agen maupun maskapai.

“Hal itu untuk memudahkan masyarakat untuk melihat bahwa tiket yang dia beli itu memang berada dibawahnya batas atas,” ujarnya.

Agus mengatakan, biasanya maskapai akan menaikkan harga tiket secara fluktuatif tergantung pada rute dari penerbangan itu sendiri.

“Kebanyakan mereka menjual tiketnya dengan angka fluktuatif dari lokasi Jakarta ke lokasi mudik lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta, Erwin Revianto mengatakan, penumpang yang mendapatkan tiket dengan tarif diatas batas atas dapat melaporkannya ke pihak maskapai.

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai adanya maskapai yang menjual melebihi tarif batas atas,” tandasnya. (akim/nji)