Indonesia Perkuat Kerjasama Bilateral Dengan Afrika Selatan

Afrika Selatan – Wakil Ketua DPR RI bidang Korinbang Agus Hermanto melakukan kunjungan Muhibah Ke Afrika Selatan untuk melakukan salah satu peran dari DPR yaitu Second Track diplomasi untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dengan Afrika Selatan.

Setibanya di Johanesburg yang merupakan Ibu Kota Afrika Selatan, delegasi DPR RI langsung melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Indonesia untuk Afrika Selatan dan langsung di terima oleh Duta Besar Salman Al Farisi untuk membahas masalah Kerjasama Bilateral.

“Kami ingin Indonesia dan Afrika Selatan dapat terus memperkuat kerjasama di Bidang Perdagangan dan Energi. Neraca perdagangan kita di Afrika Selatan masih cukup kecil dan sangat disayangkan. Untuk itu saya mendorong agar Pemerintah dapat meningkatkan kerjasama perdagangan dengan Afrika dan mengharapkan pengusaha indonesia dapat berinvestasi di Afrika karena sangat menjanjikan” Kata Agus Hermanto di Johanesburg, Afrika Selatan (3/10/2018).

Selain itu Agus Hermanto menjelaskan bahwa Selain meningkatkan kerjasama di bidang perdagangan.

Pemerintah harus melakukan kerjasama di bidang  lainnya seperti Energi, CPO, UKM dan Pariwisata. Saat ini Kita bersama Pemerintah sedang mendorong pemberlakuan bebas bisa untuk menggenjot sektor pariwisata. 

“Para Pengusaha jangan hanya menanamkan Investasinya dan hanya melihat wilayah Eropa dan timur tengah. Saat ini Afrika memiliki prospek yang menjanjikan baik di bidang CPO dan Energi. Apalagi pasca putusan Parlemen Eropa yang melarang CPO masuk ke Eropa, Kenapa tidak kita genjot terus ke Afrika” jelasnya.

Sementara itu Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi menjelaskan bahwa dirinya merasa terhormat dan sangat berterima kasih karena telah hadir ke Kedutaan.

Menurutnya Kedatangan DPR ke sini sangat berarti dan membantu upaya Kedutaan dalam meningkatkan kerjasama Bilateral.

“Kunjungan ini sangat berharga karena dapat meningkatkan kerjasama Bilateral antara Indonesia dan afrika selatan. Saya mengharapkan agar Peran Diplomasi Parlemen terus di jalankan agar hubungan dapat lebih kuat dan mewujudkan kerjasama yang lebih konkret yang membawa kemajuan kedua negara” ungkapnya.

Untuk diketahui, kunjungan tersebut juga turut didampingi anggota delegasi DPR RI yaitu Satya Widya Yudha (Golkar), Aboe Bakar ( PKS), Hendrawan Supratikno ( PDIP), Didi Irawadi ( Demokrat), Lucy Kurniasari (Demokrat) dan Allen Marbun (Demokrat). (rokhim/nji)