KBRI di Ukraina Ajak Anggota DPR dan Dubes Negara Sahabat Buka Puasa Bersama

Ukraina – Anggota DPR RI Mukhtar Tompo mengapresiasi langkah Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kyiv, Ukraina.

KBRI Kyiv mengadakan buka bersama dengan duta besar negara-negara sahabat.

Acara buka puasa yang diadakan di wisma duta KBRI Kyiv ini mengambil tema persaudaraan islam untuk perdamaian dunia. Duta besar yang hadir antara lain dari negara uni emirat arab, mesir, tajikistan, palestina, lebanon, dll.

“Kegiatan buka bersama dengan duta besar rutin diadakan KBRI Kyiv sebagai wujud soft diplomacy. Pada kesempatan acara diadakan perbincangan antar duta besar yang membahas isu lintas sektor. Fokus diskusi mengetengahkan topik posisi islam untuk perdamaian dunia” Kata Mukhtar Tompo di KBRI Kyiv, Ukraina (25/05/2018).

Duta besar Republik Indonesia untuk Ukraina Yuddy chrisnandi menyampaikan bahwa kegiatan acara buka puasa bersama di saat bulan Ramadhan merupakan hal yang rutin diadakan KBRI. Namun menurutnya ada perbedaan sedikit yaitu dilaksanakan di outdoor,

Seperti garden party. Acara ini merupakan upaya mengenal satu sama lain antara Duta Besar yang berada di Ukraina agar lebih mengenal satu sama lain dan lebih dekat serta menjalin Sifat Diplomasi dengan suasana yang santai.

“Harapan saya pertemuan ini menjadi bentuk soft diplomasi untuk membahasa hal-hal krusial terkait isu lintas sektor. Berkah ramadhan tahun ini saya harapkan mampu menghidupkan nuansa perdamaian dunia. Kami mulai dari buka bersama yang kekeluargaan”. Ujarnya.

Dalam perjamuan dihidangkan makanan khas indonesia dari mulai pembuka berupa bubur candil. Makanan utama berupa gado-gado, sop buntut, nasi kuning, empal gentong, dendeng balado, ayam taliwang, telur pindang, jengkol, dan tahu.

“Ramah tamah selesai dengan jabat tangan persahabatan antar duta besar. Sembari diberikan bingkisan berupa krupuk dan emping mlinjo kepada para tamu yang meninggalkan acara” tutupnya. (rokhim/nji)