Kembali Cek Max 8, Menhub Sebut Pesawat Sangat Laik Terbang

Kota Tangerang – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi melakukan Ramp Check untuk memastikan boeing 737 MAX seri 8 yang dimiliki Lion Air dan Garuda laik beroperasi, Minggu (4/11/2018).

Pengecekan tersebut dilakukan pada maskapai Lion Air registrasi PK-LQM Jenis boeing 737 MAX 8 yang berada di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

“Kami kembali melakukan ramp check untuk pesawat jenis ini dan pesawat ini laik untuk terbang atau dioperasikan. Tak hanya itu, kehadiran kami kembali untuk memastikan, bahwa kelaikan udara dari semua Bandara di Indonesia terjamin dan terjaga dengan baik,” ujarnya.

Pada pengecekan tersebut, Menteri Budi memeriksa sejumlah bagian dari pesawat seperti, bagian roda, mesin dan juga ruang kemudi atau cockpit.

“Tadi saya sudah cek ketentuan layak dan itu ada di log book-nya pesawat. Dimana, pada log book menetapkan syarat kelaikan penerbangan. Selain log book saya juga lihat yang lain, bagaimana antisipasi-antisipasi bila ada kendala dalam rumah kemudi dan dijalankan. Kalau itu selesai, lalu tidak dapat indikasi kekurangan tentu laik,” beber BKS.

Untuk diketahui, pengecekan tersebut dilakukan setelah tragedi jatuhnya maskapai Lion Air JT 610 di Teluk Karawang. Penyebab jatuhnya pesawat yang baru beroperasi sejak Agustus 2018 tersebut pun masih dalam penyelidikan KNKT lantaran body pesawat belum ditemukan. (aul/nji)