KPU Sebut Pendaftaran Caleg di Kota Tangerang Sepi

Kota Tangerang – Banani Bahrul, Komisioner Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang sebut belum ada seorang pun calon para wakil rakyat yang tercatat mendaftar sejak dibukanya pendaftaran Bacaleg (bakal calon anggota legeslatif) Kota Tangerang.

Banani menjelaskan pendaftaran yang di buka pada 4 Juli 2018 lalu, dan sudah diberikan informasi kepada Partai Politik.

Namun hingga saat ini belum juga ada yang menpendaftaran calon anggota DPRD Kota Tangerang.

“Teknisnya pada 4 Juli hingga 16 Juli pendaftaran Bacaleg dibuka dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, sedangkan untuk hari terakhir tanggal 17 kita buka pukul 08.00 sampai pukul 24.00 WIB. Selain itu Bacaleg harus membawa dua dokumen. Satu dari Parpol yang mengajukan, dan satunya lagi dari pribadi calonnya,” ujarnya kepada Suaranusantara.com seusai acara Uji publik, Rabu (11/07/2018)

Banani menjelaskan, dokumen pencalonan tersebut, dilengkapi dengan pernyataan seleksi Parpol dengan mencantumkan fakta intergritas.

“Salah satunya, calon bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan kejahatan korupsi, jika ada yang seperti itu maka Parpol bersedia membatalkan pencalonannya dan dalam daftar riwayat hidup calon juga harus menyebut hal itu,” jelasnya.

Banani mengatakan, hal itu berdasarkan Peraturan KPU RI Nomor 20 Tahun 2018. Sebelumnya memang belum dimasukan dalam lembaran negara.

“Memang sebelumnya yang dikeluarlan pada tanggal 30 Juni PKPU dan masuk dalam lembaran negara,” ungkapnya.

Banani menambahkan, KPU Kota Tangerang tidak menargetkan jumlah pendaftar Bakal Calon Legislatif, akan tetapi menjadwalkan tanggal dimulai pendaftaran hingga ditutupnya hari pendaftaran.

“Kami hanya menjadwalkannya saja, selama masih dalam rentang waktu yang ditetapkan kita tetap menerima pendaftaran Bacaleg DPRD Kota Tangerang. Tapi kalau sudah lewat dari waktu itu kita sudah tidak menerima lagi,” tandasnya. (ahmad/nji)