Marinus Gea Ajak Pegawai PT Gajah Tunggal Tinggalkan Kebiasaan Merokok

Kota Tangerang – Anggota Komisi IX DPR RI, Marinus Gea mengajak pegawai PT. Gajah Tunggal untuk meninggalkan kebiasaan merokok dalam kehidupan sehari – hari.

Hal tersebut disampaikannya saat menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) bersama Kementerian Kesehatan, Kamis (8/11/2018) di Aula Ganesha, Kawasan Industri Gajah Tunggal, Jatiuwung, Kota Tangerang.

“Kita sama sama tahu bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Tapi pelaksanaannya yang sulit, jadi mesti dibiasakan dari sekarang,” ucapnya.

Pria yang juga Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu memaparkan, akibat kebiasaan merokok berdampak pada defisitnya pengeluaran untuk BPJS Kesehatan.

“Sebagian besar anggarannya untuk penyakit jantung. Sedangkan penyakit jantung disebabkan berbagai faktor seperti pola hidup yang buruk seperti merokok, malas berolahraga, mengkonsumsi junkfood dan beberapa faktor lain,” beber Marinus.

Makanya, ia berharap peraturan yang biasa dilakukan di tempat kerja dapat dibawa dalam kehidupan dirumah. “Aturan tidak boleh merokok dikawasan pabrik adalah untuk memacu karyawan agar tak merokok dirumah,” tutup dia.

Sementara Ketua SPSI PT. Gajah Tunggal Tbk, Samsul Bahri mengaku pihaknya sudah menerapkan larangan merokok di kawasan industri PT. Gajah Tunggal.

“Peraturan yang kami terapkan cukup ketat, dan didukung dengan Peraturan Daerah yang ada. Sehingga jika ada yang mau coba coba akan berakibat fatal,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Acung itu mengaku dengan adanya kegiatan Germas ini bisa menambah wawasan para karyawan terkait pola hidup sehat. “Jika kegiatan ini setiap bulan ada kami sangat bersedia menerima,” tukasnya. (nji)