Marinus Gea Sosialisasikan Germas ke Masyarakat Pesisir Pantai Tangerang

Kabupaten Tangerang – Poltekkes Banten bersama dengan Anggota Komisi IX DPR RI, Marinus Gea, mensosialisasikan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) kepada masyarakat Kecamatan Teluknaga dan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Senin (23/7/2018) di Gedung Pertemuan Hengki, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Dalam kegiatan tersebut, Marinus Gea, Anggota Komisi IX DPR RI mengatakan, sosialisasi Germas ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tetap berprilaku hidup sehat.

“Jadi kalau sekarang ini banyak masyarakat kita yang selalu berpikir kalau nanti sakit ada BPJS, JKN KIS, dan sebagainya tapi sebenarnya program pemerintah ini bagaimana membuat masyarakat tidak sakit,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, selama ini masyarakat belum menyadari dan belum peduli terhadap kesehatan dirinya sendiri. Bahkan, banyak masyarakat yang tidak memeriksakan kesehatannya secara rutin.

“Kalau kita dengar penjelasan Dinas Kesehatan, puskesmas itu bukan pusat kesakitan, tapi pusat kesehatan, dimana ketika masih sehat, periksakan, bukan ketika sakit baru datang,” ujarnya.

Ia mengatakan, banyak faktor yang membuat masyarakat belum sadar akan pentingnya budaya hidup sehat.

Salah satunya yakni budaya hidup tidak sehat yang selama ini telah mengakar.

“Jadi kebiasaan masyarakat itu mengikuti budaya lingkungan sekitar meski tidak sehat, makanya kita edukasi masyarakat apa akibat nya apabila tidak hidup sehat,” tukasnya. (akim/nji)