Melihat Vihara Tertua di Kawasan Pantai Tanjung Kait

Kabupaten Tangerang – Sebuah Vihara dikawasan pantai Tanjung Kait, Kecamatan Mauk berdiri kokoh meski sudah berusia puluhan tahun.

Vihara yang memiliki nama Tjo Soe Kong berdiri diatas lahan seluas 4 hektare tersebut kerap ramai dikunjungi warga yang ingin beribadah.

“Bahkan bukan hanya yang beribadah, yang sekedar berwisata pun banyak yang datang. Karena lokasinya tepat ditepi pantai,” kata Alianto pengawas vihara Tjo Soe Kong saat berbincang santai dengan Suaranusantara.com, Minggu (08/04/2018).

Ia menambahkan, kawasan yang masuk dalam kategori cagar budaya tersebut memiliki banyak kisah terkait perjuangan warga etnis Tiong hoa di Tangerang.

“Mereka yang tahu sejarah tentang pentingnya peran vihara ini masih percaya jika datang kesini bisa memberikan kesehatan jika sedang sakit,” terangnya.

“Bukan hanya dari Tangerang, yang dari luar kota pun banyak,” tambah dia.

Masih menurut Alianto, meskipun vihara tersebut sudah beridiri puluhan tahun. Namun perhatian pemerintah daerah masih minim.

“Mestinya ini menjadi perhatian lebih bagi pemerintah tingkat Kabupaten hingga Propinsi. Karena masuk dalam kategori cagar budaya yang patut dilestarikan,” singkatnya.

Sementara ditempat yang sama, pengunjung asal Regency Kota Bumi, Kecamatan Rajeg, Dulhalim mengaku sudah hampir lima tahun, ia dan keluarganya selalu melakukan ibadah di vihara Tjo Soe Kong.

“Saya sering datang kesini, akses jalannya dekat dari rumah saya, tempatnya juga enak dan tenang,” tukasnya. (Igor/Nji)