Menhub Siapkan Tiga Alternatif Jalur Mudik Pulau Jawa

Gerbang Tol Cipali (Foto: Ist)
Gerbang Tol Cipali (Foto: Ist)

Jakarta – SuaraNusantara

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus memantapkan persiapan jelang mudik lebaran. Salah satunya dengan menyediakan jalur-jalur alternatif bagi pemudik.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Samadi usai Sidang Kabinet Paripurna yang salah satunya membahas lanjutan pembahasan persiapan menghadapi Idul Fitri 1438 H/2017 M, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (29/5) sore. 

“Lintasan yang kita usulkan, ada tiga lintasan, yaitu Pantura, Cipali dan Selatan. Bahkan selatan itu banyak sekali jalan-jalan yang alternatif,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Ditambahkan Menhub, Panglima TNI telah menyatakan kesediaannya untuk membantu penyelesaian jalan-jalan alternatif di wilayah selatan menjadi jalan yang lebih berfungsi.

“Kita harapkan gunakanlah jalur itu tiga jalur, ada Pantura, ada Cipali, dan ada jalur Selatan. Sehingga tidak macet di satu tempat. Dan kita kalau kebanyakan ke Cipali, kita akan buka tutup dan kita arahkan ke selatan atau ke utara,” tambah Menhub.

Rencana pengalihan jalur ini telah disepakati oleh kepolisian untuk dilaksanakan. Kementerian Perhubungan juga terus melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR dan Kapolri terkait kesiapan angkutan jelang mudik lebaran sejak bulan Maret lalu.

“Kita akan rapat lagi dan kita akan menugaskan Basarnas untuk menyediakan helikopter di Cipali,” tambah Menhub.

Penulis: Cipto