Pemkab Tangerang Kembali Gelar Jambore Perpustakaan

Kabupaten Tangerang – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Jambore Perpustakaan yang ke 4, Kamis (11/10/2018).

Dalam jambore tersebut, dihadirkan Duta Baca Nasional, Najwa Shihab dan Moderator, Maman Suherman.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, jambore tersebut bertujuan untuk mempromosikan perpustakaan di Kabupaten Tangerang yang sudah dalam kondisi baik dan menarik bagi pengunjung.

“Jambore pustaka Kabupaten Tangerang yang ke 4, setiap tahun diadakan, bukan hanya promosi tapi juga menampilkan perkembangan literasi, baik taman baca, perpustakaan desa, perpustakaan Kecamatan,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini minat baca di Kabupaten Tangerang masih terbilang rendah. Namun, hal tersebut membuat nya terus menambah fasilitas dan juga koleksi buku.

“Minat baca Kabupaten Tangerang masih rendah, tapi tiap tahun saya harap makin meningkat, karena fasilitas terus kita tambah, penambahan jumlah buku literasi juga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPAD Kabupaten Tangerang, Yusrizal mengatakan, kegiatan ini diisi dengan kegiatan karnaval pustaka, bedah buku, story telling, bimbingan teknis, menulis, mewarnai, dan mendongeng.

“Peserta utama ada 100 calon pengelola perpustakaan Desa yang telah mengikuti bimbingan teknis,” ujarnya.

Ia pun berharap, kegiatan ini menjadi ajang promosi untuk menggugah minat baca masyarakat Kabupaten Tangerang. Untuk itu, dihadirkanlah Duta Baca Nasional, Najwa Shihab untuk memberikan motivasi.

“Kita hadirkan juga duta baca nya, kemudian menghadirkan cara promosi lain, hari ini Mba Najwa hadir, perpusnas hadir, kita harap ending akhirnya akan berdiri perpusdes,” ujarnya. (yogi/nji)