Pengamat Politik : Sulit Lengserkan Caleg Petahana DPR RI di Banten

Kota Serang – Pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Ail Muldi, mengatakan anggota DPR RI yang sudah terpilih sebelumnya, memiliki keunggulan di segala aspek.

Aspek-aspek tersebut mendukung Petahana untuk mencalonkan diri lagi dalam Pileg 2019 mendatang.

“Petahana memiliki keunggulan dari segi figur, jaringan dan logistik, apalagi dari partai besar. Dengan adanya tiga aspek tersebut, tentunya potensi mempertahankan kursi di DPR RI lebih tinggi,” kata Ail, Kamis (31/05/2018).

Meskipun demikan, Dosen Fisip Untirta tersebut berangggapan pendatang baru dalam pileg 2019 nanti masih memiliki potensi.

“Kita dapat dilihat pada pileg sebelumnya, yang dimana rata-rata calon legislatif terpilih merupakan pendatang baru bahkan dari luar Banten,” terang dia.

Namun, Ail menegaskan, hal tersebut bukan berarti petahana dapat tersingkir begitu saja.

“Artinya kesempatan untuk wajah baru ada, namun sangat sulit melengserkan kursi milik petahana. Kecuali mereka pindah daerah pemilihan dan juga tak maju kembali di Pileg 2019,” tegasnya.

Dalam hal ini Ail berharap kepada DPR RI yang terpilih pada Pileg 2019 mendatang dapat memberi kontribusi yang tinggi pada kemajuan Provinsi Banten kedepan.

“Siapapun yang terpilih tentu harus membawa dampak positif untuk kemajuan Banten,” tukasnya. (akim/nji)