Pria Tak Dikenal Jual Puluhan Mortir Aktif di Cipondoh

Kota Tangerang – Puluhan mortir aktif dan berkarat ditemukan di pangkalan rongsokan milik Dafir (37) di Jalan KH. Ahmad Dahlan, RT 05 RW 10, Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Kapolsek Cipondoh, Kompol Sutrisno saat dihubungi melalui via seluler mengatakan, temuan puluhan mortir aktif di daerah hukumnya tersebut, saat ini sedang di tangani oleh Polda Metro Jaya.

Dikarenakan pada pukul 22.25 WIB malam. Sebanyak lima personel Satuan Gegana dari Satbrimob Polda Metro Jaya tiba dan langsung menangani penemuan mortir aktif tersebut.

“Anggota Gegana Polda Metro Jaya dalam penanganannya mendata dan membungkus mortir aktif itu dengan koran agar lebih aman, lalu diamankan ke Satuan Gegana Polda Metro jaya untuk proses lebih lanjut,” ujarnya, Kamis (8/11/2018)

Kapolsek mengatakan, barang itu didapat Dafir (pemilik gudang rongsokan) dengan cara membeli pada Selasa (06/11/2018) kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB kepada seseorang yang tidak dikenal.

“Penjual mortif aktif berjumlah dua orang dengan menggunakan mobil kijang kapsul losbak berwarna hitam. Menurut penjual, barang itu didapat dari galian jalan di Citra Raya,” terang Sutrisno.

Kapolsek menjelaskan, barang itu terbungkus dalam karung sebanyak empat karung dengan berat 220 kilogram yang diperkirakan berjumlah kurang lebih 62 buah dan dibeli dengan harga per kilogram Rp 4.600.

“57 buah mortir panjang 30 sentimeter, diameter sembilan sentimeter dengan kondisi aktif dan berkarat, tiga mortir ukuran kecil panjang 21 sentimeter, diameter enam sentimeter kondisi aktif dan berkarat dan tiga buah proyektil panjang 15 sentimeter, diameter 3,5 sentimeter,” cakapnya.

Kapolsek menambahkan, menurut keterangan pemilik ciri-ciri penjualnya yaitu laki-laki sekitar umur 37 tahun menggunakan pakaian warna hitam berepenampilan seperti pegawai proyek.

“Yang mana itu adalah selaku kenek dan temannya yang sebagai sopir usia sekitar 35 tahun mengenakan pakaian lengan panjang gelap,” tukasnya. (ahmad/nji)