Sate Kambing H. Marjuki yang Melegenda di Ciledug

H. Marjuki Pedagang Sate Kambing Asal Ciledug. Foto: Nji
H. Marjuki Pedagang Sate Kambing Asal Ciledug. Foto: Nji

Kota Tangerang – SuaraNusantara

Warga Kota Tangerang mungkin sudah tak asing dengan olahan sate dan sop yang berbahan dasar kambing racikan H. Marjuki di kawasan Ciledug.

Rasa daging kambing yang khas, dipadu dengan bumbu rahasia keluarga, membuat warung sate tersebut bertahan lebih dari 60 tahun hingga saat ini.

H. Marjuki (72) mengaku mulai berjualan olahan daging kambing sejak lulus dari Sekolah Rakyat (SR) pada sekitar tahun 1960.

“Waktu itu saya bilang sama orang tua mau ikut kerja saja di proyek. Tapi malah dimarahin sama abang saya, disuru ikut dia ngangon kambing dan dagang sate,” kata dia.

Setelah beberapa tahun ikut dagang dengan kakaknya, Ia mulai berani membuka kios kecil – kecilan di Jalan. KH. Hasyim Ashari wilayah Ciledug.

“Bumbu yang saya pake murni hasil racikan saya sendiri. Makanya orang ketagihan datang kesini karena saya kasih daging yang masih seger,” tambahnya.

Sementara Saiful, generasi kedua warung sate H. Marjuki mengaku setiap harinya dirinya mampu menjual tiga ekor kambing.

“Bahkan pada saat tertentu kita bisa menjual hingga 6 ekor kambing. Karena kami membuka jasa untuk aqiqah dan juga pesta,” pungkasnya. (Nji)

Untuk diketahui, saat ini warung sate kambing H. Marjuki telah berpindah tempat, tepatnya di Jalan Rawa Kambing, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. Berada disekitar kantor UPTD Pendidikan dan BPBD Kecamatan Karang Tengah.