Sebar Kader TBC UPF, Upaya Pemkot Depok Turunkan Angka Penderita TBC

Depok-SuaraNusantara

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya menurunkan status penderita Tuberculosis (TBC). Salah satu caranya dengan memberdayakan kader TBC dari Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Cisalak Pasar untuk menemukan dan melakukan pendampingan kepada para penderita.

“Sejak tahun lalu kami memberikan pelatihan bagi kader TBC agar dapat maksimal melakukan pendataan dan pendampingan bagi penderita TBC di Cisalak Pasar,” tutur Kepala UPF Puskesmas Cisalak Pasar, Winarni Naweng Triwulandari di ruang kerjanya, kemarin.

Saat ini terdapat 35 kader TBC yang terdiri dari 32 orang perwakilan dari 8 RW dan 3 orang dari PKK. Semua kader tersebut bertugas untuk mencari pasien baru dan menjadi pendamping menelan obat (PMO) bagi pasien positif TBC. Kader TBC juga rutin mendatangi penderita setiap satu kali dalam sebulan. Hal tersebut dimaksud untuk memantau penderita yang berhenti mengonsumsi obat.

“Sering sekali ditemui masyarakat yang tidak lagi mengonsumsi obat, ini menjadi tugas kami dan para kader untuk rutin memantau perkembangan kesehatan penderita TBC,” jelasnya.

Dia berharap dengan adanya kader TBC di Cisalak Pasar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat baik melalui Posyandu maupun Posbindu. Dengan begitu jumlah penderita TBC di Kota Depok dapat menurun. (Eka)