Sebelum Meninggal, Vokalis Cranberries Sempat Rekaman

The Cranberries (Foto: Net)
The Cranberries (Foto: Net)

Jakarta-SuaraNusantara

Vokalis band rock Irlandia, The Cranberries, Dolores O’Riordan, mendadak meninggal dunia pada usia 46 tahun di sebuah kamar hotel, Senin (15/1/2018) petang waktu setempat.

Dikutip dari surat kabar The Guardian edisi Selasa (16/1/2018), pelantun tembang “Zombie” yang ngehits di seantero jagad pada tahun 1994 itu sedang berada di London untuk sesi rekaman. Dolores diketahui baru saja menyelesaikan salah satu sesi rekamannya sebelum pulang ke hotel dan ditemukan tewas beberapa waktu kemudian.

“Petugas mendapat panggilan darurat pada pukul 09.05 pagi pada Senin, 15 Januari, ke sebuah hotel di Park Lane. Seorang perempuan berusia 40-an tahun dinyatakan meninggal di tempat,” kata kepolisian Inggris, Scotland Yard, kepada People.

Tiga anggota The Cranberries lainnya, yakni Fergal Lawler, Noel, dan Mike Hogan menulis pernyataan pada akun Twitter band tersebut, Selasa (16/1/2018): “Kami sangat terpukul karena kematian rekan kami. Dia memiliki bakat luar biasa dan kami merasa terhormat bisa menjadi bagian dari hidupnya sejak 1989 ketika kami membentuk The Cranberries. Dunia telah kehilangan seorang seniman sejati. Noel, Mike, dan Fergal.”

Presiden Irlandia, Michael D Higgins, mengatakan kematian O’Riordan membuat para penggemar musik Irlandia sangat kehilangan.

Sejumlah selebritis, melalui media sosial, mengucapkan belasungkawa yang mendalam dengan kepergian O’Riordan, di antaranya band The Corrs, Duran-Duran, dan pembawa acara James Corden.

Manajer tur grup musik legendaris Duran Duran sekaligus mantan suami Dolores, Don Burton, juga merasa hancur oleh berita duka tersebut.

Belum diketahui apa penyebab meninggalnya, namun jadwal tur bersama Cranberries yang sedianya akan reuni pada 2017 silam sempat dibatalkan karena dia mengalami gangguan kesehatan. Saat itu tidak dijelaskan pula gangguan kesehatan apa yang dialami Dolores, tapi berkaitan dengan masalah punggung.

Dolores yang lahir di Limerick pada 1971, bergabung dengan Cranberries -yang kemudian disebut Cranberry Saw Us- pada 1990. Dengan aksen Irlandia-nya yang khas, Dolores banyak menuai sukses bersama Cranberries.  Namun pada 2008, Dolores lebih banyak melakukan solo karir

Penulis: Yon K