Tingkatkan Inovasi Pengembangan Desa di Kabupaten Nias Lewat BID 2018

Nias – Dalam rangka mendorong peningkatan pemanfaatan Dana Desa di Kabupaten Nias, Pemda setempat melalui Tim Inovasi Kabupaten (TIK) menyelenggaran Bursa Inovasi Desa (BID) Tahun 2018.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli tersebut berlangsung di Hall BNKP Lasara Idanoi Kecamatan Gido Kabupaten Nias, Rabu (31/10/2018) kemarin.

Toharudin, Ketua Panitia penyelenggara BID Kabupaten Nias dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari dari Undang-undang Desa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan masukan dan ide terhadap perencanaan pembangunan Desa, membagikan kegiatan Inovasi yang telah didokumentasikan dalam bentuk video maupun tulisan serta membangun komitmen desa untuk melakukan adaptasi inovasi,” ujarnya, Kamis (1/11/2018).

Sementara itu, Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli
menyampaikan Program Inovasi Desa sejalan dengan semangat Pemerintah Kabupaten Nias yang memiliki gerakan Kreatif, Inovatif dan Sinergitas (KIS).

Tujuannya untuk percepatan, ketepatan, dan efektifitas serta efesiensi dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab yang dimulai dari Kabupaten hingga ke tingkat desa.

“Melalui Pekan Inovasi Daerah Kabupaten Nias yang kita awali hari ini bisa kita munculkan berbagai inovasi-inovasi dari setiap desa sehingga hal ini benar-benar dapat kita banggakan bersama” ujarnya.

Lebih lanjut Sokhiatulo Laoli menyampaikan kegiatan tersebut, adalah merupakan program penting pemerintah dalam upaya mewujudkan agenda Nawacita dalam rencana pembangunan Nasional 2015 – 2019.

“Saya harap, kegiatan ini menjadi instrumen penghubung antara pemanfaatan dana desa dengan sumber daya lokal Kabupaten Nias sehingga pemanfaatan dana desa tersebut lebih efektif dan efesien bagi masyarakat,” tukasnya. (berkati/gie)