Warga Afrika Selatan Gelar Salat Ghaib Bareng Delegasi DPR RI

Afrika Selatan – Delegasi DPR RI yang di pimpin oleh Wakil Ketua DPR Agus Hermanto melaksanakan Salat Ghaib di Masjid Nurul Latif yang terletak di bawah makam Syekh Yusuf bersama warga Afrika Selatan untuk korban Gempa di Sulawesi Tengah yaitu di Palu dan Donggala.

Menurutnya Shalat Ghaib itu dilakukan untuk mendoakan para korban dan memberikan semangat kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Setelah mengunjungi makam Syekh Yusuf dan menunaikan Shalat Jumat, kami terkejut ketika Khotib dan Imam Masjid yang bernama Adam Phinlander melihat kami dan menanyakan kabar mengenai Sulawesi Tengah. Akhirnya mereka menginginkan agar usai Shalat Jumat untuk melakukan Shalat Jenazah untuk mendoakan masyarakat Indonesia Khususnya Korban Gempa dan Tsunami di Donggala dan Palu” Kata Agus Hermanto di Cape Town, Afrika Selatan (6/10/2018).

Agus Hermanto menjelaskan bahwa Muslim Afrika Selatan sangat empati dan simpati kepada peristiwa yang menimpa bangsa Indonesia Khususnya Korban Gempa Lombok dan Sulawesi Tengah.

Mereka adalah masih keturunan Indonesia sebagian yang berada di Kampung Makasar Afrika Selatan  bagian Selatan. 

“Syekh Yusuf merupakan masyarakat Indonesia dan telah diberikan gelar Pahlawan Nasional Afrika Selatan oleh Pemerintah Afrika Selatan serta penyebar Islam pertama di Afrika Selatan bagian selatan. Hubungan mereka dengan Indonesia sangat erat dengan kita kaitannya karena sebagian masih keturunan bangsa Indonesia” ujarnya.

Sementara itu Anggota Delegasi DPR RI Aboe Bakar Al Habsy mengatakan bahwa Kedatangan Delegasi ke Makam dan Masjid Nurul Latif disambut dengan haru dan gegap gempita.

Para masyarakat Muslim di sini sangat bersahaja. Dirinya juga merasa senang melihat perkembangan Muslim di Afrika Selatan yang begitu pesat.

Dirinya juga menjelaskan bahwa Makam Syekh Yusuf ini sangat bersejarah dan menjadi saksi bisu bahwa bangsa Indonesia telah berperan penting bagi Afrika Selatan, hal itu terbukti dengan sikap Pemerintah Afrika Selatan yang sangat peduli kepada Kampung Makasar. 

“Syekh Yusuf hadir pada tahun 1964 di Afrika Selatan bagian Selatan dan berhasil menyebarkan Islam. Ini sangat luar biasa dan Saya mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan yang sangat bersahabat dan menerima kedatangan Delegasi DPR RI dengan penuh rasa cinta” tukasnya. (rokhim/nji)