Janda Penderita Tumor Mata Ganas Butuh Bantuan

Atisa Zega (Foto: FB Setia Asia Gea)

Jakarta-SuaraNusantara

Atisa Zega, seorang janda dari keluarga kurang mampu, warga Desa Umbubalodano Kecamatan Sitolu Ari Kabupaten Nias Utara, menderita tumor ganas di area wajah. Akibatnya, wajah Atisa Zega nyaris tak berbentuk lagi.

Penderitaan Atisa berawal ketika beberapa tahun lalu sebuah benjolan muncul di sekitar matanya. Benjolan tersebut semakin lama makin membesar hingga akhirnya Atisa berobat ke Rumah Sakit Adam Malik, namun kesembuhan yang diharapkan ternyata tak kunjung datang.

Penyakitnya justru bertanbah parah sehingga sebuah bola matanya pun hilang. Saat ini, penyakit tersebut juga sudah menjalar ke bola matanya yang lain, bahkan sudah merusak bagian hidung perempuan tua yang untuk kebutuhan hidup sehari-hari ditopang oleh seorang anaknya yang tergolong kurang mampu juga.

Akibat penyakit tersebut, Atisa harus menanggung penderitaan luar biasa. Dari bagian matanya sering keluar nanah bercampur darah, dan kadang kepalanya merasa pusing.

Sejauh ini masih belum ada atau minim perhatian dari Pemkab Nias Utara, Dinas Sosial Nias Utara, serta Dinkes Nias Utara. Diharapkan instansi terkait mau mengulurkan tangan untuk membantu meringankan beban penderitaan Atisa Zega.

Masyarakat yang ingin memberikan bantuan serta saran dapat menghubungi nomor Hp 082365005495 (Setia) dan 082166517883 (Delima Zega).

Menanggapi hal ini, Marinus Gea, Anggota Komisi 9 DPR-RI menyarankan agar Atisa Zega segera dibawa ke Rumah Sakit Gunungsitoli untuk dilakukan observasi.

“Agar penanganan penyembuhan penyakitnya lebih jelas,” katanya, di Jakarta, beberapa saat lalu.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah secepatnya mengurus BPJS tidak berbayar untuk masyarakat yang tidak mampu. Dengan BPJS tidak berbayar itu, masyarakat tidak mampu, tidak perlu membayar iuran BPJS setiap bulan.

“Untuk syarat yang diperlukan guna mengurus BPJS tidak berbayar, dapat dikonsultasikan ke BPJS Gunungsitoli,” katanya.

Penulis: Cipto

Exit mobile version