Legino Penangkar Benih Padi Ketemu Sihar Sitorus di Chatolic Center

Legino (sebelah kanan nengenakan kemeja biru muda) saat menyampaikan hasil penangkaran benih padi yang diproduksinya kepada Sihar Sitorus (berkacamata, kiri) . Foto: Ingot Simangunsong

Medan – SuaraNusantara

Legino (53) warga Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, yang mengaku sebagai penangkar benih padi Sumatera Utara, terlibat dialog serius dengan Cawagubsu 2018 Sihar Sitorus di ruang Hall B Lantai 8 Gedung Chatolic Center Jalan Mataram Medan, Selasa (6/2/2018).

Legino kepada wartawan menjelaskan kehadirannya untuk memperkenalkan benih padi yang diproduknya sendiri, yang terdiri jenis Mekongga, Ciherang dan Inpari 30 kepada Sihar Sitorus.

“Rencananya, saya ingin mengajak Djarot-Sihar lebih peduli kepada petani, khususnya petani padi, dengan membagikan benih hasil penangkaran yang saya kerjakan,” kata Legino, Selasa (6/2/2018).

Benih padi hasil penangkaran tersebut, dikemas Legino dengan plastik 5 kilogram dengan harga Rp55.000, yang dapat ditaburkan pada lahan 2.000 meter.

“Saya akan siap 100 ton benih padi untuk disebarkan di 5 kabupaten, diantaranya Kabupaten Deliserdang, Serdang Bedagai, Batubara, dan Kabupaten Langkat,” katanya.

Digegaskannya, apa yang disampaikannya kepada Sihar Sitorus, sebagai bentuk partisipasi untuk mendukung pasangan Djarot – Sihar sebagai Cagubsu/Cawagubsu 2018-2023.

Benih padi yang diproduksi Legino, sudah 8 tahun diperkenalkan kepada para petani padi.

“Dengan menggunakan benih padi ini, para petani per hektar mendapatkan hasil padi 6,5 ton sampai 7 ton per tiga bulan masa panen,” kata Legino.

Penulis: Ingot Simangunsong

 

 

Exit mobile version