Pemprov Banten Dukung Pengembangan Geothemal Rawa Dano Serang

Pj Gubernur Banten, AL Muktabar menyampaikan Pemprov Banten mendukung pengembangan energi baru terbarukan, salah satunya pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) atau geothemal.(ist)

Pj Gubernur Banten, AL Muktabar menyampaikan Pemprov Banten mendukung pengembangan energi baru terbarukan, salah satunya pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) atau geothemal.(ist)

Suara Nusantara.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendukung pengembangan energi baru terbarukan, salah satunya pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) atau geothemal, di Rawa Dano, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Banten, Al Muktabar setelah mengikuti rakor di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2023).

“Ini kan proyek strategis nasional, akan banyak dampak positif untuk masyarakat,” kata Al Muktabar.

Salah satu indikator suksesnya program pemerintah adalah dapat diterima oleh masyarakat, terutama warga di sekitar lingkungan proyek tersebut.

“Untuk itu kami dengan Forkopimda Banten dan Kabupaten Serang bakal intensif melakukan komunikasi dengan masyarakat setempat,” ucapnya.

Al Muktabar menyampaikan, ditunjuknya Provinsi Banten sebagai lokasi

Al Muktabar melanjutkan, Provinsi Banten ditunjuk sebagai lokasi PLTP sejak 11 tahun lalu dikarenakan hasil kajian menyebut bahwa Banten punya potensi untuk pengembangan energi baru terbarukan melalui panas bumi.

“Semoga tidak ada hal yang membuat kita semua terdikotomi. Nanti kami akan berkomunikasi dengan masyarakat dan pengembang agar masyarakat bisa memahgami bahwa proyek ini bermanfaat untuk masyarakat,” jelas dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas ESDM Banten, Deri Dariawan, menambahkan, untuk mengurangi emisi gas karbon, maka pemerintah melakukan langkah dengan PLTP.

“Ini (PLTP) sangat patuh SOP, jadi dampak negatif bisa sangat diminimalisir,” ungkap dia.(Def)

Exit mobile version