Kabut Asap Memburuk di Kalimantan, Sejumlah Penerbangan dari Bandara Soetta Dibatalkan

Sejumlah penerbangan dibatalkan akibat kabut asap.(ilustrasi/liputan6.com)

Tangerang – Kabut asap yang semakin memburuk akibat kebakaran hutan di Kalimantan membuat sejumlah penerbangan pesawat terbang terganggu. Catatan PT. Angkasa Pura II cabang Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), setidaknya 10 penerbangan dibatalkan.

“Ada yang terdampak setidaknya ada 10 penerbangan yang cancel terutama untuk tujuan Cengkareng-Pontianak dan sebaliknya,” jelas Senior Manager of Branch Communication & Legal Angkasa Pura II, Febri Toga Simatupang, Senin (16/9/2019).

Sepuluh penerbangan tersebut, lanjut Febri merupakan laporan data penerbangan pada 15 September 2019, sementara untuk hari ini, pihaknya masih menunggu laporan. Pembatalan tersebut, kata Febri, merupakan dampak dari tingkat ketebalan asap yang sudah mengganggu jarak pandang pesawat sehingga dapat membahayakan penerbangan.

“Karena memang menurut daya lihat itu tidak layak untuk dilakukan penerbangan di daerah Pontianak. Daya pandangnya itu tidak memungkinkan,” sambung Febri.

Febri pun tak dapat memastikan kapan penerbangan ke Pontianak dapat normal kembali, namun dirinya terus berkoordinasi dengan maskapai terkait keterlambatan, pengalihan penerbangan, maupun penjadwalan ulang.

“Untuk cancel kami selalu berkoordinasi dengan teman-teman airline, air traffic controller, Otban, kepolisian, untuk melakukan koordinasi handle terkait penumpang yang cancel, seperti refund, atau sebaliknya,” tandasnya.(aul/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here