Suaranusantara.com- Pencopotan Budi Arie Setiadi dari kursi Menteri Koperasi (Menkop) pada Senin 8 September 2025 mendapat dukungan dari mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.
Mahfud MD mengatakan aspirasi desakan untuk memberhentikan Budi Arie sudah terdengar sejak lama. Terlebih, Budi Arie menurut Mahfud MD tidak memiliki kapabilitas.
“Budi Arie itu memang orang yang selalu diteriakin untuk diganti. Pertama, memang karena kapabilitasnya untuk itu memang tidak ada,” ujar Mahfud, dikutip pada Kamis 11 September 2025
Kata Mahfud, Budi Arie selama menjabat sebagai menteri tidak ada gebrakan signifikan.
“Apa yang dikerjakan kan tidak jelas memberi pertanda bahwa akan ada kemajuan, kecuali sangat simbolik,” tambahnya.
Mahfud bahkan menyinggung rekam jejak Budi Arie saat menjabat sebagai Menkominfo, yang menurutnya tidak bisa dilepaskan dari kasus korupsi di kementerian tersebut.
Adapun Presiden RI Prabowo Subianto melakukan reshuffle kabinet terhadap lima orang pembantunya, salah satunya Budi Arie Setiadi.
Budi Arie Setiadi dicopot dari jabatan Menkop dan posisinya digantikan oleh Wamenkop Ferry Juliantono.
Sebelum dicopot, Budi Arie sempat menyatakan bahwa reshuffle adalah hak prerogatif presiden dan ia akan tetap fokus bekerja.
“Itu hak prerogatif presiden, hak prerogatif presiden,” kata Budi Arie setelah menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 8 September 2025.
Kata Budi, dirinya saat ini tengah fokus bekerja untk kepentingan rakyat. Dan dia mengaku belum diberikan informasi apa pun terkait reshuffle kabinet.
“Belum, kita kerja saja ngurus rakyat ya, fokus ngurus rakyat. Nggak, belum, belum ada pemberitahuan, kenapa? Kamu bikin isu sendiri,” kata Budi Arie.
Budi kembali menegaskan reshuffle kabinet adalah hak prerogatif Prabowo. Dirinya selaku menteri hanya berfokus kerja demi kepentingan rakyat.
“Semuanya hak prerogatif presiden kita fokus ngurus rakyat ya,” sambungnya.


















Discussion about this post