Suara Nusantara
Advertisement
  • Politik
  • Olahraga
  • Daerah
  • Nasional
  • Entertainment
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Lainnya
    • Lifestyle
    • Internasional
    • Pendidikan
    • Wisata
    • Indeks
No Result
View All Result
  • Login
Suara Nusantara
  • Politik
  • Olahraga
  • Daerah
  • Nasional
  • Entertainment
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Lainnya
    • Lifestyle
    • Internasional
    • Pendidikan
    • Wisata
    • Indeks
No Result
View All Result
  • Login
Suara Nusantara
Home Kesehatan

Lima Minuman Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Gula Darah

Drt by Drt
11 February 2025
in Kesehatan
Reading Time: 2 mins read
A A
Jus Tomat salah satu minuman yang mampu turunkan gula darah

Jus Tomat salah satu minuman yang mampu turunkan gula darah

2
SHARES
18
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Suaranusantara.com- Beberapa minuman alami, seperti teh hijau, jus tomat, dan air putih, diklaim memiliki manfaat besar dalam membantu tubuh untuk turunkan gula darah.

Lantas, minuman apa saja yang bisa dikonsumsi untuk turunkan gula darah agar tetap stabil?

1. Air Putih: Hidrasi Optimal untuk Kontrol Gula Darah

BACAJUGA

Jelang Iduladha 2026, Begini Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat Jangan Asal Pilih!

Waspada! Rupiah Melemah, Nggak Cuma Urusan Dapur yang Kena tapi Ini Dampaknya Buat Kehidupan

Minuman paling sederhana namun sangat efektif dalam mengontrol kadar gula darah adalah air putih. Air tidak mengandung kalori dan mampu membantu menghidrasi tubuh dengan baik.

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan dalam jurnal Sindrom Metabolik dan Diabetes pada tahun 2021 mengungkapkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi air putih memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes hingga enam persen.

Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sejauh mana efek air putih terhadap kadar gula darah pada individu yang sudah mengalami diabetes.

2. Kopi: Kandungan Fitokimia yang Melindungi Insulin

Banyak penelitian telah menghubungkan konsumsi kopi dengan penurunan risiko diabetes. Sebuah studi dalam Jurnal Nutrisi tahun 2021 menyatakan bahwa kandungan fitokimia dalam kopi berperan dalam mendukung fungsi sel-sel hati dan pankreas.

Ini membantu tubuh melindungi diri dari perlemakan hati serta menjaga produksi insulin tetap optimal. Namun, manfaat kopi ini hanya berlaku jika dikonsumsi tanpa tambahan gula atau pemanis buatan.

3. Teh Hijau: Katekin yang Membantu Sensitivitas Insulin

Teh hijau sudah lama dikenal sebagai minuman sehat dengan berbagai manfaat, termasuk dalam mengontrol kadar gula darah. Senyawa katekin yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan sensitivitas insulin, hormon yang bertanggung jawab dalam mengatur gula darah.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Antioksidan (Basel) tahun 2019 menyebutkan bahwa konsumsi teh hijau dapat menjadi metode pelengkap dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil. Meskipun begitu, teh hijau bukanlah pengganti pengobatan medis yang telah diresepkan oleh dokter.

4. Teh Hitam: Antioksidan yang Menekan Risiko Diabetes

Tidak hanya teh hijau, teh hitam juga memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula darah. Kandungan antioksidan dalam teh hitam dapat membantu mengurangi risiko diabetes serta mengatur kadar gula dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu yang rutin mengonsumsi lebih dari satu cangkir teh hitam setiap hari mengalami penurunan risiko diabetes hingga 14 persen. Selain itu, senyawa tanaman dalam teh hitam yang dikenal sebagai theaflavin juga memiliki kemampuan untuk mengurangi dampak buruk radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

5. Jus Tomat: Likopen untuk Mengurangi Resistensi Insulin

Tomat merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang dapat membantu mencegah komplikasi akibat diabetes. Likopen, pigmen alami yang terdapat dalam tomat, telah terbukti berperan dalam menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan 25 wanita sehat, mereka yang mengonsumsi sekitar tujuh ons jus tomat sebelum sarapan mengalami kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi air putih.

Tags: KesehatanminumanTurunkan Gula Darah
ADVERTISEMENT

BERITA Lainnya

Ilustrasi usia 35 tahun tampak awet muda berkat rutin olahraga dan pola hidup sehat agar awet muda (Instagram @jtclinicsid)
Kesehatan

Mau Awet Muda Bersinar di Usia 35 Tahun? Simak Lima Kebiasaan Sederhana Cegah Penuaan

by Feri Spt
23 April 2026

Suaranusantara.com- Memasuki usia 35 tahun, tentunya banyak orang yang...

Ilustrasi bergerak di usia muda untuk hidup lebih sehat dan umur panjang (Instagram @coachyuhana.kh)
Kesehatan

Ingin Sehat dan Umur Panjang? Ayo Lakukan Lima Kebiasaan Sederhana Ini di Usia 20 Sampai 30 Tahun, Dijamin Kurangi Risiko Kematian Muda

by Feri Spt
23 April 2026

Suaranusantara.com- Buat para muda-mudi berusia 20 sampai 30 tahunan,...

Kebijakan WFH akan segera diumumkan hari ini Selasa 31 Maret 2026 (Instagram @moncongpublik)

Bukan Sekedar Efisiensi Energi, Ini Manfaat WFH ASN Setiap Jumat Bagi Kesehatan Lingkungan Pakar Beberkan

13 April 2026
Kurma menjadi salah satu makanan takjil berbuka puasa yang menyehatkan (Instagram @kurma_jogja)

Nikmatnya Kurma Disantap Saat Buka Puasa Ramadan 1447 H, Hati-hati! Jangan Kebanyakan Bisa-bisa Timbulkan Efek Samping Berikut Ini

25 February 2026
Makan kurma menu sahur (Dok Halodoc)

Bukan Sekedar Takjil Buka Puasa Ramadan 1447 H, Ini Manfaat Kurma Bagi Tubuh

25 February 2026
Gorengan selalu diburu oleh masyarakat sebagai takjil buka puasa (Instagram @pralindaesty)

Waspada! Hobi Makan Gorengan Saat Buka Puasa Ada Efek Buruk Buat Kesehatan, Salah Satunya Bisa Kanker

24 February 2026

Discussion about this post

POPULER MINGGU INI

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani tanggapi soal kebijakan WFH (Instagram @shibtawidjajakamdani)

Begini Kata Pengusaha Soal Opsi WFH Demi Hemat BBM Imbas Perang Timur Tengah

3 months ago
Salah satu twibbon Lebaran 2026 (twibbonize.com)

Idulfitri 1447 H Segera Tiba, Berikut Link Twibbon Lebaran 2026 Download Gratis Langsung Pejeng Status di Medsos

3 months ago
Komisi III DPR RI Soroti Serangan Air Keras terhadap Aktivis HAM Andrie Yunus

Komisi III DPR RI Soroti Serangan Air Keras terhadap Aktivis HAM Andrie Yunus

3 months ago
Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira (Instagram @andreaspareira)

Prabowo Akan Tertibkan Pengamat Tak Suka Pemerintahannya, PDI Perjuangan: Ini Risiko Rakyat yang Telah Memilih

3 months ago
Ilustrasi harga emas mulai dari Antam mengalami kenaikan (instagram @sukabumikuid)

Harga Emas Antam Kembali Melemah Buyback Ikut Turun

3 months ago

TOPIK: PEMILU 2024

PDIP Menang Pemilu Tiga Kali Beruntun, Tapi Citra Publik Menurun?

Rekomendasi Rakernas V PDI Perjuangan: Penyalahgunaan Kekuasaan Jadi Biang Kerok Pemilu 2024 Terburuk Sepanjang Sejarah Indonesia

Ketua KPU RI di Laporkan ke DKPP; Lakukan Pelanggaran Kode Etik dengan Cara Merayu sampai Buat Asusila

Djarot Sebut PDIP Akan Layangkan Gugatan Pemilu 2024 ke PTUN

450 ASN di Laporkan ke Bawaslu Atas Dugaan Pelanggaran Netralitas Pemilu 2024

PILIHAN EDITOR

Andreas Hugo Pareira Minta Revisi UU HAM Tetap Jaga Kemandirian Komnas HAM

Pertahankan Hasil Disertasinya, Marinus Gea Tegaskan ESG Bukan Beban, tapi Sumber Nilai Perusahaan

Bocoran Terbaru Samsung Galaxy S26 Ultra: Pengisian Daya Lebih Cepat, Lebih Cerdas?

Soal Kasus Pandji, Marinus Gea: Demokrasi Tak Boleh Kalah oleh Rasa Tersinggung

Marinus Gea Tanggapi Temuan KPAI: Dugaan Pelecehan oleh Polisi Harus Diusut Tuntas

BERITA TERKINI

Cody Gakpo
Olahraga

Cody Gakpo Buka Peluang Angkat Kaki dari Anfield

by snc 14
13 June 2026

Suaranusantara.com - Setelah kehilangan sejumlah pilar penting, raksasa Merseyside, Liverpool, kini terancam kehilangan penyerang internasional asal Belanda,...

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat

Lestari Moerdijat: Situs Batujaya Bukti Peradaban Luhur Bangsa Indonesia

13 June 2026
Marinus Gea

Pengawasan WNA Belum Optimal, Marinus Gea Dorong Digitalisasi Data Keimigrasian Terintegrasi

13 June 2026
LCC Empat Pilar MPR RI Kian Strategis sebagai Wadah Pendidikan Karakter dan Penguatan Nasionalisme Generasi Muda

LCC Empat Pilar MPR RI Kian Strategis sebagai Wadah Pendidikan Karakter dan Penguatan Nasionalisme Generasi Muda

13 June 2026
Pertamina bicara soal isu kenaikan harga BBM nonsubsidi (Instagram @folk_makassar)

DPR Desak Pemerintah Transparan soal Kenaikan Harga BBM Nonsubsidi

13 June 2026
Load More

Subscribe to our newsletter

Footer-Suara-Nusantara-Logo

SuaraNusantara.com menerapkan jurnalisme sesuai kaidah jurnalistik dan asas kemanusiaan agar berita disajikan tidak saja objektif dan bermakna, melainkan juga mampu membangkitkan optimisme dan perilaku positif para pembaca.

  • Disclaimer
  • Karier
  • Kode Etik
  • Info Iklan
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
  • UU Pers

PLATFORM LAINNYA

  • marinus gea
  • storia studio
  • marinus-gea-logo
  • morege

IKUTI KAMI

© 2022 Suara Nusantara. All rights reserved.

 

Welcome Back!

Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Login
  • Politik
  • Olahraga
  • Daerah
  • Nasional
  • Entertainment
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Lainnya
    • Lifestyle
    • Internasional
    • Pendidikan
    • Wisata
    • Indeks

SuaraNusantara.com menerapkan jurnalisme sesuai kaidah jurnalistik dan asas kemanusiaan agar berita disajikan tidak saja objektif dan bermakna, melainkan juga mampu membangkitkan optimisme dan perilaku positif para pembaca.

©2025 SuaraNusantara.com